Tips-Tips Perawatan Cold Storage Agar Tahan Lama

Jurnalpendingin.com~Cold storage memiliki peran penting bagi pengusaha untuk menyimpan bahan makanan seperti ikan, daging, ayam, dll. Dengan adanya cold storage, bahan makanan bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak. Bahan makanan bisa disimpan dengan baik sebelum dipindahkan lagi untuk dijual.

Perawatan cold storage harus dilakukan dengan baik agar unit dapat bertahan lama. Biaya yang harus dikeluarkan jika cold storage mengalami kerusakan akan sangat besar. Oleh karena itu, melakukan perawatan terbaik adalah tindakan yang bijak untuk menghemat biaya pengeluaran.

- Advertisement -

Tips Merawat Cold Storage

Berikut beberapa tips merawat cold storage agar mesin bisa bertahan lama:

  1. Pengecekan Komponen-Komponen Mesin

Pengecekan mesin harus dijadwalkan berkala mengingat pentingnya hal ini. Mesin harus selalu dipastikan dalam kondisi prima sehingga bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi pemborosan listrik. Pengecekan ini bisa dimulai dari mengecek kabel-kabel, mengecek tegangan, dan mengecek pipa pendingin. Jika melihat adanya kerusakan sebaiknya cepat diganti.

  1. Pembersihan Evaporator
- Advertisement -

Evaporator merupakan bagian yang berfungsi untuk menguapkan refrigeran di dalam pipa lalu mendinginkan fluida di luar pipa tersebut. Cara membersihkannya adalah dengan menyikatnya menggunakan kuas atau sikat. Jika terdapat bunga es di evaporator, maka mesin perlu dimatikan terlebih dahulu dan membiarkannya sampai bunga es mencair sendiri. Tidak perlu membersihkan bunga es dengan memukulnya karena bisa merusak unit. Pastikan menghindari menggunakan benda tajam karena bisa merusak mesin.

  1. Pembersihan Kondensor

Kondensor perlu dibersihkan dengan cara menyikatnya dengan kuas. Jika terdapat fan, maka motor fan perlu diberi pelumas secara berkala.

Kondensor memiliki peran yang sangat penting bagi keseluruhan jalannya mesin cold storage. Kondensor berfungsi menurunkan temperatur refrigeran mejadi cairan. Dengan pembersihan secara rutin, maka kinerja kondensor akan lebih baik.

  1. Pengecekan Tekanan Freon

Pengecekan tekanan freon menggunakan manifold gauge. Alat ini bisa menunjukkan freon (refrigerant ) dalam tekanan tinggi atau rendah. Tekanan tinggi akan ditandai dengan garis merah, sedangkan tekanan rendah ditunjukkan dengan garis biru. Freon harus dipastikan memiliki tekanan yang stabil dalam hitungan teknis, tidak terlalu rendah, dan tidak terlalu tinggi. Jika tekanan freon bermasalah maka akan mengganggu kinerja mesin.

  1. Pastikan Kebersihan di Dalam Unit

Bagian dalam unit harus dipastikan benar-benar bersih. Jika ada cairan tumpah sebaiknya segera dibersihkan. Setelah membersihkan pastikan mengelapnya dengan lap kering sehingga tidak basah. Area yang basah bisa menyebabkan penumpukan es yang bisa menyebabkan licin. Hal ini akan sangat membahayakan. Pastikan juga tidak menggunakan benda tajam saat membersihkan sehingga tidak akan merusak unit. Peletakan bahan makanan yang dimasukkan juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak menimbulkan bau di dalam cold storage. Dengan penyimpanan yang benar, maka bahan makanan bisa mempertahankan kesegarannya.

  1. Pastikan Kebersihan di Luar Unit

Kebersihan di luar unit harus dijaga dengan baik. Pastikan tidak ada sampah atau tanaman liar di sekitar unit agar aliran udara dapat berjalan dengan baik dan mesin bisa bekerja secra maksimal.

Unit cold storage memiliki fungsi krusial dalam bisnis. Perawatan dan pembersihan sebaiknya dijadwalkan secara rutin. Jika terjadi kerusakan sebaiknya cepat diperbaiki agar mesin bisa bekerja dengan maksimal.

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini