Tips Menghemat Energi Sampai 50% dari Dorin

Jurnalpendingin.com~Sebagai perusahaan yang memproduksi produk-produk HVAC dengan pengalaman bertahun-tahun, Dorin memberikan tips andalan untuk menghemat pengeluaran energi sampai 50%. Saat ini, penghematan energi sangat penting agar pelaku industri mampu menghemat biaya pengeluaran. Selain itu, dengan penghematan energi, keuangan bisa dikelola lebih baik untuk dialokasikan ke aspek lain.

Tips Hemat Energi dari Dorin

  1. Manakah Tipe Kompresor yang Paling Hemat Energi?
- Advertisement -

Dalam penggunaan di industri, pilihan konsumen biasanya jatuh ke kompresor jenis sekrup. Hal ini digunakan untuk kapasitas pendinginan yang besar. Tetapi, ternyata hal ini bukanlah pilihan yang tepat.

Mari kita telaah lebih dalam mengenai kompresor jenis sekrup.

  • Kompresor sekrup, PR-nya akan meningkat dan penyegelan oli akan menurun. Hal ini menyebabkan banyak energi motor digunakan untuk memanaskan oli POE.
  • Kompresor sekrup biasanya mempunyai Vi ( rasio volume internal) yang tidak bisa diubah karena sudah ditentukan pada tahap desain kompresor. Vi adalah rasio antara volume yang terperangkap antara 2 sekrup di penghisapan dan volume yang terperangkap di ujung kompresi.

Perbandingan kompresor sekrup dan kompresor piston 2 tahap (2 stage) ternyata memiliki hasil yang signifikan. Kompresor 2 tahap bisa menghasilkan COP mencapai 50% hemat energi untuk pengguna akhir jika dibandingkan dengan kompresor sekrup.

- Advertisement -

Untuk refrigerasi dengan temperatur rendah, kompresor jenis piston 2 tahap ternyata menunjukkan efisiensi paling tinggi. Hal ini dihitung dari PR (Pressure Ratio) dari masing- masing jenis kompresor.

  1. Perbandingan Kompresor dari Segi Biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk kompresor sekrup ternyata lebih banyak karena kompresor sekrup membutuhkan pemanasan oli yang banyak dalam refrigerasi. Karena itu, biaya yang dikeluarkan lebih banyak untuk pemisah oli, pendingin oli yang besar dan katup 3 arah untuk mencampur oli pada suhu yang ketat. Kompresor in juga membutuhkan economizer untuk meningkatkan efisienci LTnya.

Sedangkan untuk kompresor jenis piston 2 tahap, sistemnya lebih simpel dan hal ini mengurangi kompleksitas pemasangan dan kontrol. Oleh karena itu, biaya yang harus dikeluarkan pun lebih rendah.

Kesimpulan Perbandingan Kompresor

Perbandingan antara kompresor sekrup dan kompresor jenis piston 2 tahap ternyata menunjukkan bahwa solusi terbaik adalah dengan menggunakan kompresor piston 2 tahap. Kompresor piston 2 tahap memiliki efisiensi tinggi dan biaya yang lebih rendah karena desainnya yang lebih simpel.

Dorin juga telah memprosuksi kompresor piston 2 tahap dengan 8 silinder yang bisa digunakan untuk refrigerasi industri. Banyak kelebihan yang dimiliki kompresor ini, diantaranya adalah tingkat efisiensi tinggi, biaya yang dikeluarkan lebih rendah, dan perawatan yang lebih mudah. Kompresor ini memiliki kemajuan teknologi dalam hal piston dan inverter mencapai 65Hz yang sagat cocok untuk tugas berat. Konsumen pun semakin dimudahkan dengan pilihan kompresor yang hemat energi dari Dorin.  

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini