Tips Jitu Memilih AC Second Terbaik

Jurnalpendingin.com~Memilih AC second bisa menjadi solusi terbaik saat Anda memiliki dana yang tidak terlalu banyak. AC second bisa mejadi solusi untuk mendapatkan udara yang sejuk di dalam rumah. Agar mendapatkan barang yang terbaik, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan pembelian.

Tips Memilih AC Second

- Advertisement -

Beberapa tips agar mendapatkan AC second yang terbaik adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan Penampakan Luarnya

Bagian luar atau casing sebaiknya dipastikan masih bagus dan tidak ada goresan. Hal ini untuk memastikan bahwa AC tidak pernah jatuh. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidak adanya bagian yang berkarat.

Selain memperhatikan body luar, selanjutnya Anda bisa mengecek bagian kondensor apakah mengalami kebocoran atau tidak. Setelah itu, Anda bisa mengecek apakah kompresornya masih asli atau sudah diganti.

  • Mengecek Tombol On Off
- Advertisement -

Cobalah mengecek tombol on dan off pada AC dengan menyalakannya. Selama AC dinyalakan, cek juga tombol lain apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

  • Mengecek Kabel AC

Kabel AC perlu dicek apakah masih lengkap atau tidak. AC second memiliki resiko adanya kerusakan pada kabel sehingga Anda perlu mengeceknya dengan baik. Jika mengalami kerusakan dan tidak terlalu parah, Anda bisa masih bisa mempertimbangkan membeli AC tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah adanya pergantian kabel yang baru karena kabel yang lecet bisa menyebabkan masalah konsleting saat AC dinyalakan.

  • Mengecek Suara AC

AC second dengan kondisi yang masih bagus tidak akan mengeluarkan suara yang bising. Pilihlah AC dengan suara yang tenang dan tidak terlalu bising untuk memastikan bahwa kondisinya masih bagus.

  • Mengecek Tingkat Suhu yang Dihasilkan

Saat dinyalakan, cobalah beberapa suhu AC dari remot dan pastikan suhu dingin mengalir dari AC. Jika AC tidak terlalu dingin saat ditekan tombol suhu rendah, maka sebaiknya Anda tidak membeli AC tersebut. Pilihlah AC yang masih memiliki kinerja bagus dengan pengaturan suhu rendah yang sesuai.

  • Mengecek Kartu Garansi

Kartu garansi sebaiknya Anda cek agar tahu bahwa produk ini kualitasnya terjaga. Jika kartu garansi masih berlaku, Anda bisa mendapatkan servis secara gratis. Meskipun bekas, jika ada kartu garansi, barang biasanya masih dalam kondisi yang bagus.

  • Mengecek semua komponen AC

Saat kinerja AC sudah Anda cek, selanjutnya Anda bisa mengecek semua komponen yang ada pada AC. Pastikan semua komponen masih lengkap agar Anda tidak perlu membelinya lagi.

Selain tips diatas, Anda sebaiknya membawa teman atau keluarga yang ahli dalam hal AC sehingga bisa memilih AC second dengan kualitas yang masih bagus. Hal ini penting saat Anda kurang memahami beberapa komponen AC dan fungsinya.

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini