Permasalahan yang Sering Terjadi pada AC Rumah dan Solusinya

Jurnalpendingin.com~Memiliki AC di rumah, tentunya Anda ingin AC menyala dengan baik memberikan suhu yang diinginkan agar udara di ruangan terasa sejuk. Namun, terkadang beberapa permasalahan sering terjadi sehingga AC tidak bekerja secara optimal.

Lalu, bagaimana mengatasi permasalahan AC tersebut? Berikut beberapa permasalahan AC yang sering muncul dan solusi mengatasinya.

- Advertisement -

Permasalahan dan Solusi AC Rumah

  1. AC Bau

AC bau bisa dikarenakan oleh banyak hal. Salah satunya karena ruangan yang kotor sehingga debu-debu beterbangan atau karena ada barang kotor yang bau di dalam ruangan sehingga udara di ruang tersebut menjadi tidak sedap. Solusi terbaik adalah membersihkan ruangan.

Hal lain yang menjadi penyebab AC bau adalah adanya hewan mati di dalam AC. Bangkai binatang-binatang kecil yang terjebak di filter AC bisa menyebabkan bau bangkai menyebar ke seluruh ruangan. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan membuka penutup AC dan membersihkan bangkai binatang yang menempal di filter.

  • AC Bocor
- Advertisement -

AC bocor biasanya ditandai dengan bau menyengat khas freon yang keluar dari AC. Freon ini sangat berbahaya jika dihirup langsung. Oleh karena itu, Anda sebaiknya langsung menghubungi teknisi AC jika menjumpai permasalahan seperti ini.

  • AC Tidak Bisa Dinyalakan/Dimatikan

Permasalahan ini biasanya timbul dikarenakan AC ditinggalkan cukup lama oleh pemiliknya. Biasanya terdapat komponen AC yang rusak sehingga AC tidak bisa dinyalakan atau dimatikan. Solusi untuk permasalahan ini adalah menghubungi teknisi AC agar komponen yang rusak dapat segera diganti.

  • AC Tidak Dingin

AC tidak dingin biasanya diakibatkan oleh beberapa komponen AC yang rusak atau kurangnya tekanan freon pada AC. Permasalahan ini juga bisa disebabkan oleh pengaturan suhu AC pada remot yang tidak sesuai.

Jika terjadi hal ini, pastikan dulu Anda mengecek remot AC apakah sudah menyetelnya dengan baik. Jika masih dirasa kurang dingin dan hal ini berlangsung cukup lama, Anda bisa mencoba memanggil servis/teknisi AC untuk mengatasi masalah tersebut.

  • AC Meneteskan Air

Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh penggunaan AC yang terlalu berlebihan. Jika penetesan tidak terlalu banyak, Anda bisa mengurangi frekuensi penggunaan AC. Namun, jika penetesan sangat banyak, Anda bisa langsung menghubungi servis AC agar diperbaiki.

Beberapa permasalahan diatas sebenarnya bisa dicegah jika Anda rutin merawat AC dengan mengecek dan membersihkannya. Selain itu, kebersihan ruangan di dalam rumah harus dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah melakukan servis AC secara rutin ke teknisi AC bersertifikasi. Teknisi yang telah bersertifikasi akan mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai standar untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat memperbaiki AC Anda.

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini