Perkiraan Perkembangan Cold Chain di Indonesia

Jurnalpendingin.com~Perkembangan cold chain di Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang. Hal ini diakibatkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah karena permintaan barang segar yang mengalami peningkatan.

Selain faktor tersebut, toko di Indonesia dipenuhi oleh ritel kecil yang tidak bisa menyediakan semua barang sehingga potensi cold chain akan meningkat seiring permintaan konsumen yang semakin beragam akan kebutuhan komoditi pangan sehari-hari.

- Advertisement -

Data dari ALFI (Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia)

Pada seminar virtual yang diselenggarakan oleh TAITRA (Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan), Yukki Nugrahawan Hanafi, sebagai ketua ALFI (Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia), mengatakan bahwa industri cold chain diperkirakan akan mengalami peningkatan 5 tahun ke depan karena pertumbuhan permintaan hingga 10%. Beliau juga menambahkan bahwa peningkatan permintaan barang yang mudah rusak dapat mendorong aktivitas logistik ekspres dan meningkatkan potensi cold chain, Kamis (18/9/20).

Dalam seminar virtual tersebut, Yukki juga mengusulkan bahwa Pemerintah Indonesia sebaiknya mengembangkan cold chain dalam hal perbaikan sarana dan prasarana untuk menampung hasil perikanan dan pertanian dari masyarakat agar menjaga kualitas produk dan efisiensi.

- Advertisement -

Walaupun memilki potensi yang sangat besar, cold chain juga mempunyai berbagai hambatan dan resiko. Riset pasar dan perhitungan resiko sebaiknya dilakukan sebelum pebisnis mulai terjun ke industri cold chain.

Tantangan dalam Industri Cold Chain

Beberapa tantangan yang dihadapi industri cold chain di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tingginya resiko kegagalan

Menurut ketua ALFI, Yukki, jumlah kegagalan logistik dalam penyimpanan dan distribusi bisnis cold chain sangat tinggi mencapai 10 % dan 20%. Hal ini membuat bisnis cold chain harus direncanakan dengan matang agar pebisnis tidak mengalami kerugian.

  1. Terbatasnya info cold chain dari e-Commerce

Masih sedikit sekali informasi yang diberikan e-Commerce terkait kemampuan cold chain. Hal ini menjadikan konsumen kurang informasi tentang kelebihan dari produk yang ditawarkan dengan sistem cold chain.

  1. Teknologi Sistem Pengiriman

Teknologi di Indonesia dalam sistem pengiriman belum berkembang dengan baik dan banyak pebisnis cold chain memenuhi kebutuhan teknologi logistik dari luar negeri. Masih perlu adanya standar khusus cold chain dalam sistem pengiriman untuk menyamakan kualitas produk yang dikirimkan.

Walaupun tantangan bisnis cold chain tinggi, para pebisnis bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan banyak melakukan riset pasar, menggunakan teknologi canggih serta melakukan kerjasama dengan pemerintah. Hal ini dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan konsumen Indonesia akan barang yang lebih beragam dan lebih berkualitas.

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini