Peluang Kerja Teknisi AC Tersertifikasi di Indonesia

Jurnalpendingin.com~Banyaknya AC yang ada di Indonesia memberikan peluang kerja bagi teknisi AC. Baik perusahaan maupun rumah yang memakai AC membutuhkan teknisi yang handal saat terjadi kerusakan pada AC mereka. Peluang pendapatannya pun cukup tinggi karena teknisi AC bisa mendapatkan pesanan perbaikan AC lebih dari 1 tempat dan teknisi bisa langsung berpindah tempat setelah meyelesaikan tugasnya.

Tetapi perlu diingat, kesempatan kerja ini juga harus dibarengi dengan kemampuan yang sesuai. Teknisi AC perlu mempunyai sertifikasi agar bisa dengan resmi menjadi teknisi AC. Walaupun anda sudah berpengalaman, sertifikasi tetap sangat penting untuk menambah skill dan memberikan akses ke pekerjaan yang resmi.

- Advertisement -

Mengapa Perlu Adanya Sertifikasi?

Dalam konferensi pers, Rabu (16/9), mengutip perkataan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ruandha Agung Sugardiman, “Populasi AC di Indonesia sangat banyak. Karena itu, perlu banyak teknisi AC yang kompeten sehingga tidak melepas bahan perusak ozon ke udara.”

Hal inilah yang menjadi dasar perlunya sertifikasi resmi untuk teknisi AC di Indonesia. Adanya kualifikasi skill diharapkan dapat menghindari adanya pelepasan bahan ozon ke udara sehingga tidak merusak lingkungan.

- Advertisement -

Selain untuk menjaga lingkungan, adanya sertifikasi teknisi AC diharapkan mampu meningkatkan jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) ahli di Indonesia.

Kebutuhan Teknisi AC Bersertifikasi di Indonesia

Berdasarkan data yang dihimpun oleh KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Republik Indonesia, terdapat 10.000 teknisi yang telah teridentifikasi. Dari jumlah tersebut, 2.000 teknisi telah tersertifikasi.

Menurut Dirjen KLHK, Ruandha, kebutuhan teknisi AC tersertifikasi di Indonesia adalah 100.000. Ini berarti masih terdapat 90.000 kebutuhan teknis AC yang belum terpenuhi. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi anda yang memiliki keterampilan teknisi AC dan ingin menggeluti profesi ini secara professional.

Bagaimana Mendapatkan Sertifikasi Teknisi AC?

Cara mendapatkan sertifikasi teknisi AC cukup mudah, yaitu dengan mendaftar di lembaga pelatihan sertifikasi dan mengikuti program yang diberikan. Pelatihan yang diberikan selalu merujuk pada skema sertifikasi yang terdapat di BNSP Nomor 45317 7240 18 tentang Skema Sertifikasi Teknisi Refrigerasi LSP Logam dan Mesin Indonesia.

Di pelatihan ini, anda akan diberikan:

  1. Pemahaman tentang sistem refrigerasi dan tata udara
  2. Pelatihan cara melakukan instalasi sistem refrigerasi dan tata udara
  3. Pelatihan cara merencanakan dan membaca gambar sistem
  4. Pemahaman cara mengidentifikasi trouble shooting sistem kelistrikan

Setelah pelatihan selesai, anda bisa mengikuti Uji Kompetensi berstandar SKKNI sesuai pedoman BNSP 301 dan selanjutnya bisa mendapatkan Sertifikasi Kompetensi berstandar BNSP.

Dalam hal penilaian, tidak hanya skill (keterampilan) saja yang diperlukan, namun juga terdaat penilaian attitude (sikap), dan knowledge (pengetahuan).

Jika telah mendapatkan sertifikasi teknisi AC, maka anda bisa memasuki dunia kerja secara resmi.

Menurut dirjen KLHK, Ruandha, per tanggal 18 Oktober 2021, teknisi AC yang telah tersertifikasi bisa mengambil pekerjaan dalam aplikasi Montir AC. Aplikasi ini memang dibuat khusus oleh KLHK untuk menaungi teknisi AC bersertifikasi agar bisa mendapatkan pekerjaan secara professional.

Nah, peluang kerja menjadi teknisi AC cukup besar bukan? Bagi kalian yang masih bersekolah, tepatnya SMK, dan ingin memasuki dunia kerja, bisa langsung mendaftar di pelatihan sertifikasi agar bisa menjadi teknisi AC bersertifikasi dan terdaftar resmi sebagai pekerja di bidang ini.

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini