Monday, 23 May, 2022

Peluang Bisnis Es Batu Kristal dan Jenis-Jenis Mesin Pembuatnya

Related

Jurnalpendingin.com~Perkembangan bisnis kuliner yang semakin pesat membuat banyak orang makin berusaha membuat inovasi dalam hal tempat, kualitas bahan makanan, rasa makanan, servis, maupun penyajian makanan.

Dalam hal perkembangan minuman, penyajian dengan es batu berbentuk serupa atau sering disebut es batu kristal, telah hadir. Es batu kristal ini memiliki kelebihan daripada es batu pada umumnya karena bentuknya yang serupa dan penjual bisa langsung menuangnya di gelas saji untuk dicampur dengan minuman seperti jus, es campur, dll. Hal ini tentu berbeda dengan es batu balok yang perlu dipukul agar bisa pecah menjadi bagian-bagian kecil untuk selanjutnya dituang di minuman.

Selain karena kepraktisannya, es batu kristal juga memiliki kelebihan lain yaitu bentuknya yang menarik. Banyak pembeli makin menyukai bentuk es batu kristal karena bentuknya rata dan terlihat bagus di minuman. Es batu kristal juga mampu meningkatkan nilai jual minuman.

Peluang Bisnis Es Batu Kristal

Karena bentuknya yang sama dan menarik, es batu kristal terbukti menjadi pilihan terbaik bagi pembeli yang ingin membeli minuman. Mereka menyukai bentuknya yang beragam sehingga kesegaran minuman pun merata.

Dari segi bisnis, penjual minuman di restoran, warung makan, atau booth-booth minuman banyak diuntungkan dari penggunaan es batu kristal. Es batu kristal juga mampu meningkatkan harga jual minuman yang dipasarkan. Hal ini bisa didukung dengan adanya kemasan minuman yang lebih cantik.

Bagi pemilik restoran atau rumah makan besar, membeli mesin es batu kristal akan lebih menguntungkan karena bisa memproduksi es batu kristal dengan kapasitas besar. Stok es batu kristal akan terus ada dan pemilik restoran tidak perlu bingung saat pesanan membludak atau kondisi restoran yang sedang sangat ramai. Hal yang diperlukan setelah membeli mesin pembuat es batu kristal hanyalah air dan pasokan listrik ke mesin.

Untuk pedagang khusus minuman dengan skala kecil ataupun warung makan kecil yang juga menyediakan minuman, membeli es batu kristal dari pemasok akan lebih menguntungkan karena tidak perlu keluar uang untuk membeli mesin pembuat es dan membayar biaya listrik bulanan. Jika dibandingkan dengan es balok, harga es batu kristal memang lebih mahal, namun dari segi kepraktisan dan keindahan, es batu kristal tentu lebih baik. Selisih harga es batu ini tidak akan merugikan pedagang minuman, dan malah memberikan keuntungan karena mereka bisa menaikkan harga jual minuman.

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Es Batu Kristal

Jenis-jenis mesin es batu kristal ada beberapa macam tergantung pada bentuk es yang ingin dihasilkan, yaitu:

  1. Ice Cube Machine

Mesin jenis ini mampu menghasilkan es batu berbentuk kubus-kubus kecil dengan skala besar dan dalam waktu yang singkat. Hanya perlu menuangkan air ke dalam mesin dan memasangkannya dengan listrik dan setelah beberapa saat, mesin mampu menghasilkan es batu berbentuk balok dengan jumlah yang banyak. Mesin jenis ini biasa digunakan di restoran, supermarket, hotel, dan bar.

  1. Ice Tube Machine

Mesin jenis ini mampu menghasilkan es batu berbentuk tabung yang menyerupai kristal. Biasanya es batu jenis ini banyak digunakan untuk campuran minuman seperti es campur, es jus, dll.

  1. Snow Ice Maker

Mesin jenis ini mampu menghasilkan es batu salju atau yang biasa digunakan untuk es serut. Es ini sangat lembut seperti salju dan cocok digunakan pada usaha restoran, kafe, bar, maupun pedagang booth minuman. Selain bisa digunakan untuk campuran minuman, es batu salju ini juga bisa digunakan untuk mendinginkan ikan ataupun daging.

  1. Ice Ball Maker

Mesin jenis ini mampu menghasilkan es batu berbentuk bola bulat yang bisa digunakan untuk minuman bersoda ataupun minuman beralkohol. Es batu bentuk ini memiliki kelebihan lambat mencair karena bentuknya yang bulat utuh.

  1. Ice Scaler Machine

Mesin jenis ini mampu menghasilkan es beku kering berbentuk lempengan pipih yang bersuhu antara -10°C sampai -15°C. Mesin ini biasa digunakan di kapal untuk membuat es sebagai penyimpanan ikan dengan memanfaatkan air laut sebagai bahan pembuat es.

Kapasitas dari jenis-jenis mesin diatas berbeda-beda tergantung tipe mesin. Bagi anda yang ingin membeli mesin pembuat es batu kristal, bisa memilih tipe dan jenis yang diinginkan yang sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini

spot_img

Trending Minggu Ini