Menemukan jalan Pulang Karya Mang Darwan pengusaha sukses HVACR dalam Buku Knock Out

Jurnalpendingin.com~Darwan adalah seorang pengusaha sukses dibidang  Pendingin  dan Tata Udara, telah mengawali karirnya dengan metoda yang ada pada umumnya, namun kini dia telah merubah kesuksesannya dengan cara lain sehingga timbul kenyamanan, ketenangan dan kebahagiaan dalam kesuksesan. Berikut hasil wawancara ekslusif Jurnal Pendingin Rabu (02/12/2020), dalam kisah nyata yang dituangkan dalam buku Knock Out yang berjudul “ Menemukan jalan Pulang”.

Awalnya nulis itu bagaimana Pak Darwan ?

- Advertisement -

Kita tergabung dalam Komunitas MMBC (Milionaire Midset Boot Camp ) tergabung dengan 21 orang Penulis, saya sebenarnya penulis terakhir nih, pengganti, tapi Alhamdulillah saya bisa kontribusi nulis walapun itu bukan session saya itu outbox lah ya, nggak papa yang penting itu harus true story gitu. Saya beranikan diri menulis dan inspiratornya ini Mbak Ira Pohan, dalam buku itu ada banyak penulis diantaranya : Mardigu WP, Ira Pohan, Ihsan, Dedi Johor, Ust. Ali, dr, Farhan, Haersyah, Sarju, Satrio, Irfan, Destaza, Zaki, Riyadin, Habibah, Handiyoko, Iwan, Ilham, Nensi, Prapto, Zhakiyah dan saya. Itu jamannya mengejar cahaya semu-lah dan Alhamdulillah Alloh tunjukin jalan pulang.

Mengapa Pak Darwan ikut Komunitas itu, padahal pak Darwan kan Pengusaha HVACR ?

Dasarnya masuk itu kita ikut Boot Camp Millionaire Midset, selama dua hari satu malam, itu tentang Millionaire Midset Mas, ternyata Mindset kaya itu ada ilmunya, sciencenya. Kalau ditarik dengan keyakinan kita sih sama, maksudnya kita harus yakin sama Tuhan gitu ya, sama Alloh, Alloh Maha Segalanya, jadi gini kayak seperti menginstal Software Kaya-lah gitu di Komunitas ini. Alhamdulillah kita banyak Mas, berapa orang ya, 250 orang lebih nih. Ya gitu Mas, ikut-ikut ada patungan usahanya Mas, tambak Udang, gitu. Disana kita banyak sharing, bagaiamana mereka handling perusahaan mereka, rata-rata sih pengusaha.

Apa yang Bapak Ceritakan dalam buku Knock Out itu Pak ?

Saya ceritakan kisah hidup saya pada saat saya kejebak hutang riba, istilahnya Mindset kita dulu itu kan utang tuh, apa-apa Bank, apa-apa hutang, Mobil Kredit, alat-alat Kerja Kredit semuanya kredit, jadi mentalnya itu mental  kredit Mas dulu itu. Nah ketika semuanya sudah harus mengangsur, hutang itu kan harus dibayar tiap bulan ya, namanya penghasilan itu kan kadang-kadang naik, kadang-kadang turun, apalagi  saya itu buruk di sisi management, management keuangan, Management orang, usaha bertumbuh, orang banyak kita jadi bingung. Apalagi kan basicnya saya Teknis, kalau urusan teknis dilapangan InsyaAlloh lah, tetapi ketika dihadapkan dengan harus ngurusin uang, harus ngurusin orang nah ini harus nyari ilmu lagi. Waktu itu saya belum kebuka bagaimana harus handling uang bagaimana harus handling orang, setelah kejadian itu ya Mas setelah Alloh pentokin ya Mas, saya ikut pelatihan Mas, ikut-ikut seminar tentang financial, tentang management orang bagaimana, sampai saya pernah ikut kelas Bisnis Hack tuh, setelah itu saya terbuka Mas jadinya mengetahui cara bangun Team yang sehat dan bahagia. Saya aplikasikan di team tuh, Alhamdulillah sekarang sudah auto pilot Mas, walaupun saya nggak hadir disitu usaha sudah jalan Mas, misalkan saya seminggu atau dua minggu ke Turki nih atau sebulan, insyaAlloh sudah jalan.

- Advertisement -



Dari situ ternyata ada ilmu lain selain ilmu Teknik mas, ilmu mengolah orang ilmu tentang mengelola uang, ilmu tentang bagaimana membangun Perusahaan, dan ilmu-ilmu itu saya dapat dari seminar-seminar itu Mas.
Saya dapat ilmu itu, ketika dipentokin lalu saya kembali ke Alloh dulu dengan taubat, taubatan nasuha InsyaAlloh, memperbaiki hubungan dengan Alloh memperbaiki hubungan dengan manusia, sehingga Alloh tunjukin jalan-jalan ini, Alloh tunjukin seminar ini-seminar ini, Alloh tunjukin orang-orang yang loyal sama Perusahaan gitu. Ketika ada masalah itu ada dosa kita Mas, sebenarnya kan Alloh ngasih masalah itu ada dua ; yang pertama itu hukuman dan yang kedua itu ujian. Nah ujian ini kan buat orang-orang yang rajin sekolahnya Mas, nah kalau orang yang suka mbolos kayak kita ini kan hukuman namanya.

Informasi tentang Buku Knock Out, Edited Jurnal Pendingin

Apapun bentuknya, hukuman maupun ujian itu adalah bukti cintanya Alloh sama kita, kenapa, karena dengan hukuman itu akan menjadi kifarat dosa-dosa kita Mas. Gita geser sudut pandang kita mas, ada masalah sebenarnya tetapi bahwa semua itu adalah bukti cinta Alloh sama makluk, sama kita Mas. Setelah itu ternyata kebahagiaan itu letaknya bukan di harta yang kita kejar ( bukan di mobil, bukan di istri bukan di rumah tangga , bukan di perusahaan yang kita bangaun ) tetapi saya menemukan kebahagiaan itu saat saya Sholat tepat waktu, harmonis dengan keluarga, kebahagiaan yang sejati tuh disitu. Selama ini saya terjebak cahaya semu istilahnya, Alhamdulillah Alloh pentokin, Alloh tunjukin jalan, intinya kalau ada masalah itu pasti dosa kita, segera bertaubat, jadi jangan dulu mikir solusi, pikir dulu ini pasti dosa kita, ini merupakan pesan cinta Alloh, jadi kalau kita sudah bisa baca pesan Alloh, InsyaAlloh Alloh selesaikan maslahanya Mas. Itu pemahaman yang saya dapat seperti itu.


Ya Alhamdulillah Mas dengan platform baru perusahaan saya, ya kalau dulu kan masih terima titipan orang dalam, nah sekarang saya tidak lagi pakai orang dalam dan titipan-titipan. Dan bukan sok suci ya Mas, kita kan cari nafkah buat anak istri karyawan dan sebagainya harus bersih lah, bisnis itu kan bukan hanya untung dan rugi tetapi disitu juga ada surga dan neraka Mas.

Pesan yang ingin disampaikan dalam buku itu ?

Ternyata ketika kita mengejar sesuatu sampai lupa sama Alloh, ibaratkannya kita mengejar bayangan, semakin lama semakin haus. Untuk kawan-kawan yang baru nih bukan saya orang lama nih, harus tertib administrasi terutama pengelolaan uang dan orang, ternyata ada ilmunya harus upgrade, harus belajar. Jangan sampai kita terjebak cahaya semu, kadang begini kita merasa sudah berjalan dijalan yang benar tetapi sebenarnya salah, tunggu nih mau balik lagi atau mau Alloh pentokin. Pada hakekatnya begini, semua yang Alloh hadirkan pada hidup kita itu sebenarnya Alloh pingin komunikasi dengan kita, cuman kan Alloh nggak bisa langsung panggil, intinya itu pesan cintanya Alloh.

Mang Darwan bersama anak dan istri, Edited Jurnal Pendingin

Untuk yang lagi galau, silakhan konsultasi dengah saya Mas, Free, maksudnya bukan sok-sokan ya, saya pingin berbagi cerita, saya pernah mengalami ini-mengalamai itu, mudah-mudahan bisa menjadi temen Mas, ketika kita dipanggil oleh Alloh dalam keadaan tenang Mas. Bagi yang mau konsultasi bisa Hubungi saya lewat FB atau lewat WA.

Dalam buku tersebut tidak hanya saya tetapi banyak kisah inspiratif yang bisa dipetik, untuk itu sebaiknya segera miliki bukunya, tutup Mang Darwan.

Buku Knock Out, launching pada tanggal 10 November 2020, diterbitkan oleh Litera Media Tama, Malang Anggota IKAPI.


[MJN]

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini