Fishrage Rancangan Mahasiswa UI untuk Solusi Nelayan Ikan

Jurnalpendingin.com~Nelayan ikan di Indonesia seringkali mengeluhkan harga kotak pendingin yang relatif mahal dan memerlukan daya listrik yang besar. Terkendala permasalahan tersebut, ikan nelayan seringkali membusuk dan tidak bisa bertahan lama.

Menanggapi permasalahan tersebut, beberapa mahasiswa UI mengembangkan fishrage. Fishrage (fish storage) ini merupakan kotak pendingin ikan portabel yang tidak membutuhkan listrik maupun es batu. Fishrage diklaim sangat ramah lingkungan dan lebih ekonomis.

- Advertisement -

Fishrage (Fish Storage)

Teknologi yang digunakan dalam fishrage adalah metode pendinginan absorpsi. Metode ini adalah sebuah proses pendinginan dengan membuka sekat dan kotak pendingin ikan dalam kondisi vakum. Dengen begitu, ruang serap yang mengandung karbon zeolite akan dapat menyerap molekul air.

Rancangan ini didesain oleh mahasiswa UI Sharon Cecilya, Ardhanu Adha, Daffari Putri Utami, Muhammad Fakhri Andika, Adinda Diva Sugiarto, dan Muhammad Abi Rizky. Rancangan tersebut diarahkan dan dibimbing oleh Profesor DR. Ing.Ir. Nasruddin, M. Eng sebagai guru besar FTUI.

- Advertisement -

Rancangan inovasi fishrage ini sudah dilombakan di ajang kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2020 dan memenangkan medali emas dalam kategori Engineering, Physics, and Energy ISIF 2000 pada tanggal 9 November 2000.  

Rancangan ini juga diikutkan lagi dalam kompetisi lain, yaitu Olimpiade Ilmiah Mahasiswa UI dan mendapatkan juara pertama pada tanggal 27 November 2000.

Kelebihan Fishrage

Tiap bulannya, dilaporkan nelayan merugi sampai 40 juta rupiah dan ini merupakan kerugian yang sangat besar untuk mereka. Fishrage ini diharapkan bisa menjadi solusi terbaik agar nelayan tidak lagi merugi.

Fishrage ini diklaim memiliki performa lebih bagus, lebih murah untuk biaya perawatan, lebih ramah lingkungan, dan memiliki mekanisme penggunaan yang lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan kotak pendingin.

Karena tidak membutuhkan tenaga listrik, tentunya pengeluaran nelayan pun tidak banyak dan mereka bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Dari segi harga, fishrage diklaim 52-72% lebih murah dibandingkan dengan harga kotak pendingin dengan es balok. Jika dibandingkan dengan pendingin termoelektrik, harga fishrage diklaim 3-4% lebih murah.

Dari segi keefektifan, fishrage ini mampu mempertahankan suhu antara 4-8°C tanpa terpengaruh oleh faktor eksternal.

Prototype Fishrage

Dengan berbagai kelebihan yang diklaim oleh fishrage, tim mahasiswa UI ini berharap fishrage bisa menjadi solusi nelayan untuk menyimpan ikan lebih lama dengan biaya yang lebih rendah.

Mereka juga akan mengembangkan prototype fishrage ini agar semua nelayan bisa menikmatinya.

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini