6 Tips Utama Menghemat Listrik dari Penggunaan Kulkas di Rumah

Jurnalpendingin.com~Kulkas telah menjadi kebutuhan penting untuk masyarakat Indonesia. Mempunyai fungsi untuk mendinginkan makanan dan membuatnya lebih tahan lama, kulkas terbukti banyak dibutuhkan oleh ibu rumah tangga. Mereka bisa menyimpan bahan makanan mentah, makanan setengah jadi, makanan jadi, minuman, buah-buahan, dll.

Namun, dalam penggunaannya, tidak semua ibu rumah tangga bisa bijak dan berhemat. Jika salah menggunakannya, tagihan listrik bisa membengkak dan hal ini bisa menimbulkan pemborosan. Tentunya, hal ini tidak ingin anda alami, bukan! Untuk itu, sebaiknya anda melakukan beberapa tips agar mampu menghemat litsrik dari penggunaan kulkas di rumah.

- Advertisement -

Tips Menghemat Listrik untuk Kulkas

Untuk kulkas, beberapa cara mudah menghemat listrik adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Sering Membuka Pintu Kulkas

Saat pintu kulkas dibuka, maka akan terjadi lonjakan daya. Setelah ditutup, proses pengembalian suhu kulkas ke suhu semula memerlukan daya yang besar. Sebagai contoh, untuk pintu kulkas yang terbuka selama 30 detik, maka rata-rata mesin kulkas membutuhkan waktu 30 menit untuk mengembalikan suhu semula.

- Advertisement -

Jadi, daya besar dan waktu lama ini menjadi alasan untuk anda tidak sering membuka pintu kulkas. Anda cukup membuka kulkas saat diperlukan dan jika ingin memasak atau membuat suatu hidangan, anda bisa membuka kulkas dan mengambil semua bahan yang dibutuhkan sekaligus tanpa membuka pintu kulkas berkali-kali. Hal ini akan menghemat pengeluaran listrik anda.

  1. Mengisi Kulkas Seperlunya

Mengisi kulkas sebaiknya tidak terlalu penuh dan ditata dengan rapi. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja mesin pada kulkas. Jika kulkas diisi terlalu penuh, maka sirkulasi udara dingin tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan mesin kulkas bekerja lebih keras untuk mengalirkan udara dingin sehingga daya listrik yang digunakan pun makin tinggi.

  1. Tidak Menaruh Makanan atau Minuman Panas

Makanan atau minuman yang panas sebaiknya didinginkan dulu dan tidak langsung ditaruh di dalam kulkas. Hal ini sangat penting karena panasnya makanan atau minuman yang ditaruh didalam kulkas menyebabkan suhu normal kulkas berubah dan mesin kulkas perlu tenaga lebih untuk mengembalikan suhu ke suhu semula. Oleh karena itu, hal ini bisa menyebabkan banyaknya penggunaan listrik di rumah.

  1. Mengatur Peletakan Kulkas

Kulkas sebaiknya disimpan berjarak dengan tembok dan tidak menempel langsung. Hal ini untuk membantu kulkas melepaskan hawa panas yang berada di bagian belakang. Sebaiknya, anda juga tidak meletakkan kulkas di ruangan yang langsung terpapar sinar matahari. Hawa panas yang terperangkap di mesin dan tidak bisa keluar dengan baik menyebabkan kinerja kulkas lebih besar sehingga kulkas tidak bekerja secara maksimal. Hal ini akan menyebabkan pemborosan listrik anda.

  1. Bijak Mengatur Suhu Kulkas

Pengaturan suhu kulkas pun harus dipilih dengan baik agar penggunaan listrik tidak boros. Untuk pengaturan suhu yang baik, anda bisa mengatur kulkas dengan suhu 4°C dan untuk freezer adalah -17°C. Suhu ini sudah cukup ideal untuk mendinginkan bahan makanan di dalamnya dan membuatnya tahan lama. Pengaturan suhu yang terlalu dingin dapat menyebabkan mesin kulkas bekerja ekstra dan biaya listrik membengkak. Selain itu, mesin kulkas pun bisa cepat rusak.

  1. Memastikan Sekat Karet Terpasang dengan Baik

Jika kulkas sudah lama dipakai, besar kemungkinan sekat karet pada pintu kulkas akan mengendur. Hal ini menyebabkan masuknya udara luar ke kulkas dan mesin akan terus menerus menyesuaikan suhu di dalam kulkas. Hal ini berpengaruh besar pada besarnya daya listrik yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan anda selalu mengecek sekat karet dan jika mengetahui adanya kerusakan atau pengendoran, anda bisa langsung menggantinya agar kinerja mesin kulkas dapat berjalan dengan baik.

Dengan 6 tips utama diatas, anda bisa banyak menghemat listrik dan tidak boros pengeluaran bulanan. Selain itu, anda juga perlu melakukan perawatan dengan membersihkannya secara teratur. Selain membuat kulkas bersih dan rapi, anda juga bisa memaksimalkan kinerja kulkas dan menjaga mesin agar awet dan tahan lama.  

- Advertisement -
-advertisement-
-advertisement-

Populer

Artikel Lainnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama disini